Post Page Advertisement [Top]

Widyaiswara dan Adiwidia

      



     Halo! Apa kabar? Saya harap anda baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya hendak mempublikasi puisi buatan saya untuk hari guru nasional tanggal 25 November 2022 nanti. Puisi ini berjudul "Widyaiswara dan Adiwidia" yang akan saya persembahkan kepada guru-guru saya yang telah memberikan ilmunya yang sangat bermanfaat bagi saya. Saya mengambil judul puisi ini bukan tanpa sebab, karena judul puisi ini memiliki makna tersendiri. Yakni terdiri dari kata "Widyaiswara" yang berarti guru, dan "Adiwidia" yang berarti pengetahuan yang paling tinggi. Dapat disimpulkan, bahwa arti dari "Widyaiswara dan Adiwidia" ini adalah guru merupakan sumber dari segala ilmu pengetahuan bahkan pengetahuan yang paling tinggi sekalipun. Berikut adalah penggalan puisinya.


Widyaiswara dan Adiwidia

Karya: I Gusti Bagus Anom


Guruku...
Kaulah insan pemancar sinar
Membuat kami menjadi pintar
Dengan ilmu yang kau tebar.

Kau menuntun kami
Dari tak tahu menjadi tahu
Menjadikan kami insan yang bestari
Agar hidup menjadi lebih rahayu.

Guruku...
Kau bersahabat dengan dinginnya fajar
Walau keriput tampak di wajahmu
Kau masih bersemangat untuk mengajar.

Maafkan kami jika selalu membuatmu nestapa
Maafkan kami jika selalu membuatmu marah
Jiwamu bagaikan bahtera
Yang selalu bertahan menghadapi amukan laut yang merekah.

Guruku...
Dirimu kan selalu kukenang
Kenangan yang akan abadi
Di dalam jiwa dan sanubari.


Bottom Ad [Post Page]